Biaya Pengobatan Korban Gas Beracun Ditanggung PT Pindo Deli

KARAWANG,- Pihak kepolisian memastikan, sumber gas yang meracuni ratusan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, berasal dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills. Pihak kepolisian sudah menetapkan status quo dan memasang garis polisi pada daerah yang diduga terjadi kebocoran gas. Selain itu sudah diterjunkan tim Puslabfor dan Mabes Polri.

“Kita sudah memeriksa sepuluh orang saksi, dua diantaranya laryawan Pindo Delli. Penyelidikan masih terus dilakukan, Puslabfor Polri juga diturunkan melakukan olah kejadian perkara,” kata Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melalui Kasat Reskrim, AKP Oliestha Ageng Wicaksana, Jumat (4/6/21).

Pengobatan Korban

Sementara itu, Humas PT Pindo Delli Pulp and Paper Mills, Andar mengatakan, biaya pengobatan seluruh korban keracunan gas ditanggung oleh pihak perusahaan. Sesuai data yang dimiliki Andar, terdapat 33 orang yang telah ditangani medis rumah sakit.

“Dari 33 orang itu, 30 orang diantaranya sudah pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan 3 orang lainnya, masih menjalani perawatan di rumah sakit Rosella. Satu orang diantaranya karyawan kami. Seluruh biaya pengobatan kami yang menanggung,” kata Andar, Sabtu (5/6).

Andar mengungkap, kebocoran gas bukan terjadi pada pipa gas miliknya. Kebocoran gas terjadi pada tabung gas milik mitra kerjanya. Agar tidak terulang, Andar mengaku sudah diminta oleh DLHK Karawang agar berkoordinasi dengan pihak penyedia tabung gas.

“Kami sudah diminta DLHK Karawang agar koordinasi dengan pihak penyedia tabung gas klorin yang menyebabkan kebocoran dari tabung. Kedepan pengiriman tabung ke Pindo Deli harus sesuai prosedur yang aman. Kami diminta evaluasi dalam pengadaan tabung agar tidak terjadi peristiwa kebocoran lagi,” katanya.

Andar memaparkan, saat terjadi kebocoran tabung gas, pihaknya langsung mengevakuasi karyawan dan mengamankan pabrik agar tidak ada orang yang mendekat. Selain itu, pihaknya membantu mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang aman. (Teguh Purwahandaka)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita