Emak-Emak Tuntut Kepala SDN 3 Kertawaluya Dicopot

KARAWANG,– Puluhan emak-emak secara sepontan berunjukrasa di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kertawaluya, di Kampung Jengkol, Desa Kertawaluya, Kecamatan Tirtamulya, Karawang, Kamis 14 Oktober 2021. Kebetulan, di sekolah tersebut ada Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Karawang, Yani Heryani yang sedang meninjau pembelajaran tatap muka. Para pengunjukrasa dan Yani pun kemudian berdialog.

Salahsatu pengunjuk rasa, Dewi mengatakan, pihaknya merasa jengkel melihat kinerja Kepala SDN 3 Kertawaluya yang dinilai tidak bertanggungjawab dan jarang ngantor. Dewi Bersama emak-emak lainnya menuntut Kepsek SDN 3 Kertawaluya dicopot dari jabatannya. Terlebih, kondisi sekolah yang tidak memadai dan murid sempat belajar beralaskan tikar.

“Kami meminta kepala sekolah untuk mundur dari jabatannya, masa sekelas kepsek ngantor cuma sebulan sekali, itu pun kadang-kadang, di mana tanggungjawabnya,” serunya lantang.

“Gimana mau maju, ngantor aja jarang, anak-anak kita jadi terlantar, fasilitas nggak terurus sampai pada lapuk begini, tahu rasa sekarang viral,” timpal emak-emak yang lain.

Kabid Disdikpora Karawang, Yani Heryani menyambut baik aspirasi para pengunjuk rasa. Di hadapan pengunjuk rasa, Yani menyebut untuk mengganti penjabat kepala sekolah itu tidak asal copot. Ada mekanisme yang harus ditempuh. Namun, dengan adanya kejadian ini, Yani pastikan aspirasi dari para pengunjukrasa akan menjadi evaluasi pihaknya.

“Terimakasih ibu-ibu yang sudah menyampaikan aspirasinya. Hanya saja, kalau diminta mundur itu tidak sembarangan, ada mekanismenya. Tapi saya pastikan hal ini akan kita evaluasi demi kemajuan SDN Kertawaluya 3,” jelas Yani. (Teguh Purwahandaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita