KNPI MEMBACA KARAWANG LEBIH DALAM

KARAWANG,- Karawang adalah tanah legenda yang kaya akan warna. Membaca Karawang tidak mungkin cukup hanya dengan satu sudut pandang saja. Ada banyak nuansa yang bisa digali, dipotret dan disuguhkan dalam rupa karya lukis di atas kanvas.

Lomba Lukis dengan tema Membaca Karawang Lebih Dalam adalah memotret Karawang dari segi peninggalan sejarah, kesenian, budaya, kuliner, tempat-tempat wisata, kegiatan ekonomi dan masyarakatnya, tempat ibadah dan berbagai unsur lainnya.

Tema ini sengaja diambil oleh DPD KNPI Kabupaten Karawang untuk memberikan kebebasan berekspresi kepada para perupa yang ikut serta, sekaligus memberi ruang imaji sejauh mana peserta menyelami peristiwa dan memindahkannya ke atas kanvas.

Para juri yang mendapat tugas menilai pada lomba kali ini, adalah, Bang Jack Haris, Seniman Karawang yang telah lama malang-melintang di dunia lukis. Keterlibatan dan keikutsertaannya dalam acara-acara lomba maupun pameran, telah menjadikannya salah-satu perupa yang cukup diperhitungkan di Karawang.

Kang Oet. Seniman asal Bandung ini merupakan seniman serba bisa. Selain melukis, beliau juga seorang penggiat teater, ahli setting panggung dan perupa yang tidak diragukan lagi kemampuannya. Beberapa stasiun TV Swasta Nasional, sering menggunakan jasa beliau untuk membuat property dan lay out studio. Acara monumental Festival Goyang Karawang pun, memakai jasa beliau untuk urusan settingnya.

Abah Sarjang, Seniman Karawang yang biasa membuka jasa lukis potret wajah dan jasa ilustrasi untuk sampul buku dan majalah. Selain menjadi juri pada beberapa kegiatan seni rupa di Karawang, juga mengisi kegiatan sehari-hari dengan menjadi pengrajin golok di kampungnya.

Lomba Lukis dengan tema Membaca Karawang Lebih Dalam adalah bentuk kepedulian DPD KNPI Kabupaten Karawang, pada kegiatan seni budaya di daerahnya. Berusaha untuk lebih intens mengakomodir kreatifitas para seniman dan menjembatani gagasan-gagasan para budayawan, agar peran-serta mereka memilik arti bagi kebaikan Karawang ke depan.

Di bawah kepemimpina Bung Guntar Mahardika, DPD KNPI Kabupaten Karawang mulai menggeliat bangun, menggerakkan sendi-sendi seni budaya di tengah badai Corona yang belum reda. Dengan menggandeng Kang Ocho Oh Saka sebagai Kuncen Kebudayaan, sepertinya program kerja DPD KNPI Kabupaten Karawang di bidang Pariwisata dan Budaya akan berlanjut. Bravo KNPI! (Advertorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita