Korban Banjir Karawang 10 Ribu Jiwa

KARAWANG,- Pusat Data Informasi Bencana (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang merilis data perkembangan bencana banjir pada Jumat (19/2/2021) pukul 21.00 WIB. Data menunjukan, korban banjir di Karawang mencapai 10.290 jiwa.

“10.290 jiwa itu berasal dari 3.378 kepala keluarga dan 3.216 rumah di 12 kecamatan dan 24 desa,” kata kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrullah.

Kecamatan yang paling banyak terdampak banjir berada di Kecamatan Rengasdengklok, dimana 6 desa terdampak bencana banjir. Sedangkan jumlah jiwa terbanyak berada di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek dengan total korban banjir mencapai 3.016 jiwa dari 897 rumah dan Kepala Keluarga.

Laporan tentang kerugian bencana banjir, baru dua desa yang telah dilaporkan menaksir jumlah kerugian. Diantaranya Desa Tamansari dan Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan dengan taksiran kerugian akibat bencana banjir yang mencapai Rp 200 juta.

“Data ini kami rilis setiap hari setiap pukul 21.00 WIB. Pendataan bencana banjir ini akan terus dilakukan, dan mari kita berdoa agar bencana banjir ini cepat berakhir,” tutur Yasin.

Dari data yang dirilis BPBD Karawang, belum ada jumlah korban bencana banjir untuk Kecamatan Telukjambe Timur dan Jatisari. Dengan begitu, jumlah korban bencana banjir dipastikan bertambah setelah kedua kecamatan tersebut selesai dilakukan pendataan baik jumlah jiwa, kepala keluarga dan rumah yang terkena bencana banjir. (Teguh Purwahandaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita