Pemkab Karawang Bayar Murah Petugas Kebersihan

KARAWANG,- Berapa upah petugas kebersihan pengangkut sampah dari Tempat Pembuangan Sementaa (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dibayar Pemkab Karawang. Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Karawang yang mencapai Rp 4 Triliun lebih, tiap orangnya hanya diupah Rp 60.000 sampai Rp 65.000 per hari.

“Tiap bulannya itu jika ditotal hanya mencapai Rp 1.800.000. Sementara tugas mereka sangat berat dan berjasa menjaga kebersihan. Namun besaran upahnya jauh dari hitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dihitung Dewan Pengupahan bentukan Pemkab Karawang. Miris,” kata Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cakra, Hilman Tamimi.

Para petugas kebersihan mengeluhkan kondisi kelayakan upah dengan meminta bantuan LBH Cakra agar dapat menjembatani penyampaian aspirasi ke DPRD dan Bupati Karawang. Hilman berharap upah para petugas kebersihan dapat ditambah hingga setara dengan KHL Karawang.

Hilman mengaku akan berkirim surat permohonan rapat dengar pendapat ke DPRD Karawang. Pihaknya pun ingin mengetahui alokasi anggaran yang diperuntukkan tenaga harian lepas bidang kebersihan sampah dalam APBD Karawang. Apakah telah sesuai atau diduga terjadi penyunatan. Pihaknya juga ingin tahu berapa jumlah pajak kebersihan yang ditagih ke masyarakat yang berhasil dikumpulkan Pemkab Karawang setiap tahunnya.

“Kerja mereka sangat beresiko dan penting bagi Karawang. Selayaknya mendapat upah yang layak,” tegas Hilman. (Teguh Purwahandaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita