Ratusan Warga Kutamekar Keracunan Gas

KARAWANG,- Gas caustic soda diduga dari pipa milik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2 di Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel, Karawang, mengalami kebocoran dan meracuni ratusan warga setempat, Kamis (3/6) sekitar pukul 11.30 WIB. Puluhan ambulan dikerahkan mengevakuasi korban dari pemukiman warga ke tempat yang aman. Radius kebocoran gas disebut warga mencapai satu kilometer.

Puluhan ambulan terus berdatangan membawa warga dari Kampung Cigempol RT 01 dan 02, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang ke Aula Kantor Desa Kutamekar. Beerapa warga datang dalam kondisi tidak sadarkan diri, ada juga yang mendapat alat bantu pernapasan dan penditeksi denyut nadi. Setelah mendapat pertolongan pertama, beberapa warga dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Salah seorang korban, Marlina (18) menceritakan, awalnya terlihat asap putih menggumpal di udara, dan membuat mata perih. Selang beberapa detik, muncul bau menyengat membuat sesak napas dan pusing disertai mual.

“Saya dan keluarga lainnya langsung menjauh dari bau itu. Kejadian ini sering terjadi, terakhir bulan puasa kemarin. Kejadian sekarang yang terparah,” kata Marlina.

Sementara itu, korban lainnya, Pendi (48) menuturkan, rumahnya berjarak satu kilometer dengan perusahaan. Namun bau menyengat gas masih tercium. Tanpa pikir panjang, rumah dikosongkan dan keluaranya mengungsi ke Kantor Desa Kutamekar.

“Baunya bikin sesak dada. Sulit bernapas. Tenggorokan menjao kering. Baunya juga tidak enak,” jelas Pendi. (Teguh Purwahandaka)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita