Telat Ditangani, Atap Gedung SDN 1 Bayur Kidul Ambruk

KARAWANG,- Atap Sekolah Dasar Negeri 1 Bayur Kidul Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, ambruk dan menimpa salah stu dumah warga didekatnya, Sabtu 9 Oktober 2021. Imbasnya, pembelajaran tatap muka menjadi terkendala kekurangan ruang kelas.

Kepala SDN 1 Bayur Kidul, Akhmad Holili mengatakan, atap bangunan yang ambruk dibangun pada tahun 2012. Sejak enam bulan terakhir, pihak sekolah telah mengajukan proposal perbaikan gedung ruang kelas yang kini telah ambruk itu. Proposal itu dilayangkan ke Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) Pemkab Karawang melalui Korwilcambidik Kecamatan Cilamaya Kulon.

“Gedung ini roboh malam minggu kemarin, ada bunyi retakan sekitar 5 kali. Suara kayu patah. Habis solat maghrib kita keluar mushola, tak lama gedung ini roboh dihadapan saya dan warga,” ungkap Akhmad.

Dia menjelaskan, setelah gedung ini roboh sejumlah pejabat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang langsung terjun ke lokasi keesokan harinya. Termasuk Kadisdikpora Karawang, anggota dewan, juga Camat Cilamaya Kulon.

Ironisnya, sebelum gedung ini roboh. Mereka tak pernah berkunjung ke sekolah tersebut. Padahal, lokasi SDN Bayur Kidul 1 cukup strategis. Berdiri di pinggir jalan Syeh Quro – Lamaran, dekat dengan kantor desa dan gedung-gedung pemerintahan lainnya.

“Harapan saya ingin segera diperbaiki, kalau bisa ditingkat, karena SDN Bayur Kidul 1 ini kekurangan ruang kelas,” pintanya.

Sebelum gedung ini roboh, lanjut Akhmad, SDN Bayur Kidul 1 hanya memiliki 6 ruangan. Lima diantaranya digunakan untuk ruang kelas, sisanya untuk ruang guru sekaligus kantor kepala sekolah.

“Ruang kelas kita cuma ada lima, sementara rombel ada enam kelas. Jadi selama ini kelas satu dengan kelas dua kita sift,” jelasnya. (Teguh Purwahandaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita