Warga Gorowong Geger Temukan Ular Sepanjang 4 Meter

KARAWANG,- Warga Kampung Gorowong RT 03/03 Kelurahan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur, Karawang digegerkan temuan ular sepanjang empat meter yang sedang memakan ayam di rumah milik Yudi. Pemilik rumah lantas memanggil tetangga untuk membantu menangkapnya.

Pagi itu, Senin 15 Februari 2021, Yudi hendak memberi makan ternak ayam miliknya. Yudi memiliki kandang ayam di pekarangan rumahnya. Alangkah terkejutnya, ketika salah satu ayam peliharannya sedang digigit dan dililit ular yang cukup besar.

“Pemilik rumah kemudian meminta saya dan warga lainnya untuk menangkap ular itu. Ular itu dikeluarkan dari kandang kemudian kepalanya dijepit dengan kayu bercagak. Untungnya ular ini cepat ditemukan warga, khawatir menyerang anak-anak, karena di sini pemukiman padat penduduk,” kata Najibullah (45).

Setelah dikeluarkan dari kandang ayam, ular kemudian dibawa ke tanah lapang. Najibullah pun kemudian memberanikan diri untuk menangkap kepalanya agar tidak menggigit warga. Setelah itu ular dimasukan ke dalam karung, dan kemudian diamankan oleh pemilik hewan ternak yang dimangsa oleh ular tersebut.

“Saya rasa ular itu keluar dari habitatnya karena banjir kemarin. Di dalam pagar PT Pindodelli, banyak sekali rawa-rawa disana. Kami menduga ular itu berasal dari sana. Kami sering menemukan ular, tapi baru kali ini yang ukurannya besar,” kata Najibullah.

Ular tersebut memiliki panjang sekitar empat meter. Ular itu memiliki corak warna coklat, hitam, kuning dan putih. Diduga ular itu rermasuk dalam jenis Sanca kembang atau sanca batik atau disebut juga sanca timur laut. Menurut Wikipedia, ular ini adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain.

Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 8.5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia. (Teguh Purwahandaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori berita